Satlinmas Desa Dan Kelurahan Ikuti Pelatihan Dasar

Satlinmas Desa Dan Kelurahan Ikuti Pelatihan Dasar

WONOGIRI_ Selasa (7/3) di Pendopo Rumah Dinas Bupati berlangsung Upacara Pembukaan Latihan Dasar (LATSAR) Angkatan I bagi anggota Satlinmas yang berasal dari  Desa dan Kelurahan se Kabupaten Wonogiri. Kegiatan yang digelar Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Wonogiri  ini dihadiri Wakil Bupati Wonogiri, Forkopimda,Para Camat, serta peserta Latsar.

Panita penyelenggara Rahmat Imam Santosa, S.Sos.MP  menyampaikan bahwa kegiatan Latsar merupakan  gagasan dari  Bupati Wonogiri yang bertujuan selain untuk  menjalin tali silaturahmi sesama anggota juga  untuk mensosialisasikan arah kebijakan Pemkab Wonogiri dalam penyelenggaraan perlindungan masyarkat dan membekali pengetahuan serta  ketrampilan agar  anggota satlinmas memahami tugas pokok dan fungsinya  sehingga dapat mempertebal rasa cinta kepada tanah air.

Satlinmas Desa Dan Kelurahan Ikuti Pelatihan Dasar

Total 600 peserta akan mengikuti kegiatan ini yang dibagi menjadi tiga Angkatan, Masing-masing angkatan terdiri  200 orang. Angkatan I berlangsung tanggal 7-8 Maret, Angkatan II rencananya berlangsung 3-4 Mei 2017  dan angkatan III 18-19 Juli 2017. Selama dua hari para anggota satlinmas akan memperoleh pembelajaran teori dan praktik dari Kodim 0728 Wonogiri, Polres Wonogiri, PMI dan OPD terkait.

Pada kesempatan tersebut Mewakili Bupati Wonogiri Wabup Edy Santosa,SH menyampaikan apresiasinya kepada warga yang tergabung dalam Satlinmas, yang telah mencurahkan waktu dan tenaga secara ikhlas membatu pemerintah dalam memberikan perlindungan kepada Masayarakat. Di Wonogiri sendiri tercatat ada sebanyak 8865 anggota Satlimas yang tersebar di 294 desa/kelurahan.

“dengan tugas fungsinya memberikan perlindungan kepada masyarakat, Satlimas perlu mendapatkan latihan menjaga fisik serta tambahan ilmu dan ketrampilan, serta dididik kedisiplinan supaya siap membantu kemanan di daerah,” ujarnya.

Satlinmas Desa Dan Kelurahan Ikuti Pelatihan Dasar

Wabup Edy Santosa juga menambahkan  dengan kondisi wilayah Wonogiri yang luas serta jumlah penduduk lebih dari satu juta jiwa, personel keamanan yag ada di Wonogiri baik dari kepolisian maupun tentara belum bisa mencukupi sehingga dibutuhkan bantuan linmas .

“di desa terpencil  bisa menjadi sarang penyamun, sehingga penting untuk melaporkan jika ada yang mencurigakan, jalin koordinasi dengan perangkat daerah agar desa bisa tentram.”tambahnya

Sebagai tanda dimulainya pelatihan Wabup Edy Santosa juga menyematkan pita kepada perwakilan anggota satlinmas serta menyampaikan penghargaan untuk tiga orang peserta Latsar yang datang paling disiplin dalam kegiatan tersebut. (humas_mon)

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.