oleh

YUK, KUNJUNGI PAMERAN BUKU DI GIRI CAHAYA WONOGIRI

WONOGIRI – Sekitar 27 penerbit lokal dan nasional mengikuti pameran buku yang digelar di Gedung Giri Cahaya Wonogiri, Selasa-Senin (4-10/9). Even tahunan ini dibuka oleh Wakil Bupati Wonogiri, Edy Santosa, SH, Selasa (4/9). Menurut Wabup, saat ini gencar dilaksanakan oleh pemerintah pusat dan ditindaklajuti pada pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, adalah membangun sumber daya manusia yang berkualitas. Hadirnya SDM unggulan tersebut menjadi modal penting dalam mengelola potensi yang ada di tiap wilayah, yang selama ini belum mendapatkan pengelolaan yang baik.

“Selama ini kita hanya merasa memiliki keunggulan sumber daya alam, tetapi tidak diberikan kesadaran bahwa untuk mengelolanya butuh teknologi, butuh ketrampilan, sehingga semuanya dapat memberikan dampak yang signifikan untuk memajukan bangsa dan negara.  Kualitas SDM pada akhirnya akan menjadi penentu bagi negara Indonesia lebih baik lagi ke depannya. Kita patut berkaca pada negara-negara lain yang bisa menjadi maju dan berkembang dengan cepat karena didukung SDM yang kuat dan berkualitas,” imbuh Wabup dalam sambutannya.

Peran terbesar tentu ada pada pemerintah yang berperan sebagai fasilitator dan penentu kebijakan. Harus ada upaya untuk membangun paradigma baru untuk memunculkan generasi yang berjiwa kreatif, dan berkemauan wirausaha. Salah satu pembentukan karakter tersebut adalah dengan gemar membaca, mengeksplorasi, memotivasi diri dengan selalu memperkaya kapasitas diri pribadi melalui buku yang dibaca. Tentunya yang dibutuhkan adalah buku-buku yang mampu menginspirasi, berisi informasi tentang ilmu pengetahuan dan pembimbing ketrampilan tertentu.

Pameran buku juga dikolaborasikan dengan berbagai kegiatan dan lomba sebagai kegiatan pendukung, sehingga diharapkan dapat meningkatkan animo masyarakat untuk berkunjung dan menumbuhkan kembali budaya membaca buku dengan berbagai manfaatnya yang saat ini semakin hilang.  “Melalui kegiatan pameran buku kali ini, kita berharap kegiatan yang dilaksanakan bersinergi dengan berbagai kegiatan lain, mampu memberi andil dalam upaya membangun generasi muda yang berkualitas, yang akan menjadi kader bangsa di masa yang akan datang.” (HUMAS-est)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Utama