Voting Krenova : Yuk, Dukung Sudarmono dan Nadiah Warga Wonogiri Atas Ide Kreatifnya !

Voting Krenova : Yuk, Dukung Sudarmono dan Nadiah Warga Wonogiri Atas Ide Kreatifnya !

Dalam upaya meningkatkan kreativitas di bidang inovasi masyarakat perlu didorong untuk dapat menciptakan, merekayasa alat atau produk yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Banyaknya kreativitas yang baru dan unik, namun belum bisa dibilang inovasi, karena kurang layak, belum dapat diwujudkan dan secara komersial belum menguntungkan.

Oleh karena itu, masyarakat perlu dipacu agar secara nyata dapat lebih kreatif dan inovatif, sehingga berkontribusi secara nyata bagi peningkatan kesejahteraan.

Propinsi Jawa Tengah secara resmi mengumumkan 40 nominator peserta lomba Kreativitas dan Inovasi ( Krenova ). Salah satu nominator tersebut adalah “Sudarmono, S.Pd” dan Tim dengan karya nya yang disebut ” Pengering Gabah/Padi Dengan Panel Sel Surya”

Bagi warga Wonogiri tentunya patut bangga dan mendukung kreativitas inovasi ini. Untuk itu, mohon kiranya mari bersama kita dukung dengan memberikan pilihan voting.

Silahkan beri dukungan vote di sini : VOTE SUDARMONO!!

atau klik Gambar di bawah ini 

jangan lupa setelah itu klik ikon mata atau hati seperti gambar di bawah ini :

Silahkan beri dukungan vote di sini : VOTE SUDARMONO!!

Juga dukung NADIAH LUKITA SARI

Selain Sudarmono, S.Pd warga wonogiri yang masuk dalam nominator adalah warga Ngadirojo. Nadiah membuat kreativitas dan inovasi yaitu : ” Pembuatan Nata De Bligo sebagai Produk Alternatif Sumber Serat”.

Sumber serat pangan alternatif dapat diperoleh dari produk komersialNata de Cocoyang telah dikenal luas oleh masyarakat.Prospek pengembangan produk nata juga semakin baik dilihat dari banyaknya variasi jenis nata yang beredar, terutama yang berasal dari buah-buahan. Di Wonogiri, buah bligo sebagai buah lokal kurang mendapat perhatian dari masyarakat ditinjau dari keterbatasan pemanfaatannya, padahal memiliki potensi untuk ditingkatkan nilai ekonominya. Berdasarkan hal tersebut maka perlu dikembangkan formulasi untuk pembuatan Nata de Bligo dengan mempertimbangkan kandungan serat yang mengacu pada SNI 1996. Tujuan : Mengetahui formula terbaik pembuatan Nata de Bligo ditinjau dari nilai kadar serat kasar berdasarkan variasi konsentrasi sumber karbon dan nitrogen serta lama fermentasi. Metode : Penelitian dilakukan dengan rancangan penelitian acak lengkap-faktorial dengan dua faktorial. Faktor pertama adalah variasi kadar sumber karbon berupa sukrosa/gula pasir (C) dankadar sumber nitrogen berupa urea (N) dan faktor kedua adalah lama fermentasi. Masing-masing faktor memiliki 3 taraf yakni kadar sumber karbon: nitrogen masing-masing 5%:0,25%; 10%:0,5%; 20%:1% sedangkan lama fermentasi selama 12 hari, 14 hari, dan 16 hari. Nata de Bligo dibuat dengan mengacu pada metode umum pembuatan nata konvensional hingga diperoleh 9 jenis sampel untuk pengujian kadar serat kasar.

Yuk, beri dukungan ke Nadiah Lukita Sari klik : VOTE NADIAH !!

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.