Tingkatkan PAD, Pemkab Jalin Kerjasama Dengan PLN Surakarta dan Ponorogo

Tingkatkan PAD, Pemkab Jalin Kerjasama Dengan PLN Surakarta dan Ponorogo

WONOGIRI-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri menjalin kerjasama dengan PT.PLN (Persero) Area Surakarta dan PT.PLN (Persero) Area Ponorogo. Jalinan kerjasama itu salah satunya bertujuan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Jalinan kerjasama diawali dengan penandatanganan Kesepakatan Bersama tentang Penanganan dan Pengelolaan Pajak Penerangan Jalan, Pembayaran Rekening Listrik, Pengembangan dan Operasional Kelistrikan, dan Kegiatan Sosial Perusahaan. Penandatanganan dilakukan oleh Wakil Bupati Wonogiri, Edi Santosa, Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah Wonogiri, Haryono, Manajer PT. PLN (Persero) Area Surakarta, Mundhakir, berlokasi di Ruang Giri Manik komplek Setda Wonogiri, Rabu (3/1).

Dalam sambutannya, Mundhakir, mengatakan, banyak hal bisa didapat dari kerjasama yang dijalin dengan Pemkab Wonogiri. Di antaranya adalah peningkatan PAD.

“Pajak penerimaan dari listrik bisa digunakan untuk peningkatan PAD. Semua dana pajak listrik yang didapat akan disetorkan ke daerah, PLN hanya memungut. Di Wonogiri ini penerimaan pajak dari listrik sekitar Rp 1,8 miliar per bulan,” kata dia.

Sektor penerimaan dari pajak listrik tersebut, dijelaskan dia, masih bisa ditingkatkan lagi. Mengingat ada rencana sejumlah investor yang berminat menanamkan modal di Wonogiri.

“Ada beberapa calon investor yang menghubungi kami, intinya ada minat untuk mengembangkan usaha di Wonogiri. Jadi jika investor masuk, tentunya penerimaan pajak semakin banyak, PAD semakin meningkat,” tandas dia.

Wakil Bupati Edi Santosa, menegaskan keberadaan listrik sangat vital. Bakal banyak aspek kehidupan akan lumpuh saat jaringan listrik terganggu. Misalnya ketika terjadi bencana alam banjir dan tanah longsor beberapa waktu lalu di sejumlah lokasi di Wonogiri.

“Kerjasama dengan PLN diharapkan bisa memperlancar arus investasi di Wonogiri. Banyak hal positif bisa diraih. Misalnya program CSR (corporate social responsibility) yang bisa membantu Pemkab menekan angka kemiskinan,” tegas Wakil Bupati.

Pihaknya menambahkan di Wonogiri memang belum 100 persen masyarakatnya menikmati listrik. Namun dengan tekad kuat secara bertahap, Pemkab akan berusaha mewujudkan Wonogiri bebas gelap. (admin humas)

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.