BUPATI JOKO SUTOPO INSPEKTUR UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA

BUPATI JOKO SUTOPO INSPEKTUR UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA

WONOGIRI_ Bupati Wonogiri Joko Sutopo menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Kamis, (1/6))di Alun-alun Giri Krida Bhakti Wonogiri. Peringatan ini merupakan peringatan pertama, serentak di seluruh Indonesia sejak kelahiran Pancasila 72 tahun yang lalu.

Hadir dalam kegiatan tersebut Jajaran Forkopimda Kabupaten Wonogiri.  Upacara juga diikuti ribuan peserta dari Satuan Kodim 0728/wonogiri dan Polres Wonogiri,OPD, Gabungan Ormas, Satlinmas, serta para pelajar.

upacara hari lahir pancasila bupati wonogiri joko sutopo upacara hari lahir pancasila bupati wonogiri joko sutopo

Bupati Wonogiri Joko Sutopo membacakan Sambutan Presiden Republik Indonesia

Dalam Amanatnya Inspektur Upacara Bupati Wonogiri Joko Sutopo membacakan Sambutan Presiden Republik Indonesia. Ia menyampaikan peringatan harlah Pancasila menjadi bentuk peneguhan komitmen agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Sukarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945.

Pancasila juga merupakan jiwa besar para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga bisa membangun kesepakatan berbangsa.

Lebih lanjut dikatakan kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman, dengan ke-bhinneka tunggal ika-annya.

upacara hari lahir pancasila bupati wonogiri joko sutopo

Adanya ancaman intoleransi dengan menggunakan ideologi selain Pancasila saat ini, masyarakat diajak untuk belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial, dan perang saudara.

Dengan mengamalkan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal lka, diharapkan Indonesia bisa terhindar dari masalah perpecahan serta  bisa hidup rukun dan bergotong-   royong untuk memajukan negeri.(humas)

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.