Wonogiri Terbaik Dalam Managemen Sistem Transportasi Perkotaan

Wonogiri Terbaik Dalam Managemen Sistem Transportasi Perkotaan

WONOGIRI – Kabupaten Wonogiri merupakan salah satu dari 49 Kabupaten/Kota Se-Indonesia yang berhasil meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN). Penghargaan diterima langsung oleh Bupati Wonogiri Joko Sutopo di Istana Presiden yang diserahkan langsung oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi di Istana Presiden Jakarta, Selasa (31/01).

“Tahun ini Wonogiri baru dapat WTN, yang sebelumnya belum sempat diraih,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Wonogiri, Ismiyanto, SH,MH saat pengarahan dan pembinaan terkait peningkatan kinerja Dinas Perhubungan Wonogiri, Rabu (1/2) di pendopo Rumah Dinas Bupati.

pengarahan bupati wonogiri

Sebelumnya, di tahun 2011 dan 2012 Wonogiri memperoleh plakat WTN. Selanjutnya di tahun 2013, 2014, dan 2015 secara berturut-turut memperoleh anugerah WTN kategori lalu lintas.

“WTN yang diberikan untuk Kabupaten Wonogiri tahun ini kategori penyelenggaraan managemen sistem transportasi perkotaan dengan indikator terbaik,” imbuh Ismiyanto.

Piala WTN sendiri merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Kementerian Perhubungan terhadap Kabupaten/Kota di Indonesia yang dinilai memiliki kinerja yang baik dalam pengelolaan sistem transportasi. Adapun indikator penilaian WTN adalah tertib lalu lintas, penyelenggaraan angkutan, penyelenggaraan terminal, pengujian kendaraan bermotor serta fasilitas sarana dan prasarana Lalu Lintas Angkutan Jalan.

Pemberian penghargaan WTN ini bertujuan untuk meningkatkan penyelenggaraan transportasi di kawasan perkotaan yang handal, berkelanjutan dan menjamin kesamaan hak pengguna jalan serta meningkatkan peran serta masyarakat dalam disiplin berlalu lintas sehingga dapat menurunkan tingkat kecelakaan lalu lintas.

Bupati Wonogiri memberikan apresiasi tinggi terhadap prestasi ini. “Alhamdulillah Wonogiri mampu meraih piala WTN. Jadi kita dinilai berhasil dalam menata manajemen lalu lintas dan angkutan di wilayah. Tentu ini berkat kerjasama yang baik antara Pemerintah Kabupaten Wonogiri melalui Dinas Perhubungan, Jajaran Polres Wonogiri dan dukungan dari masyarakat dalam penataan lalu lintas yang ada di Wonogiri,” ungkapnya.

Bupati juga mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kontribusi pengusaha-pengusaha transportasi yang ada di Wonogiri yang telah patuh pada aturan dan kebijakan yang diberlakukan oleh Pemkab.

Joko Sutopo berharap semoga dengan diraihnya penghargaan WTN ini Pemerintah Kabupaten Wonogiri tidak cukup puas diri akan tetapi terus meningkatkan pelayanan yang lebih baik lagi di bidang lalu lintas dan transportasi di kota gaplek ini.

“Tapi, tantangan berat akan kita hadapi bersama. Setelah tahun ini dapat WTN, bagaimana di tahun-tahun selanjutnya? Apakah kita masih mampu mempertahannya? Karena kalau kita bicara manajemen transportasi perkotaan, banyak dihadapi masalah-masalah yang rumit.” (HUMAS-est)

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.