WONOGIRI TARGETKAN 486.000 TON PRODUKSI PADI

WONOGIRI TARGETKAN 486.000 TON PRODUKSI PADI

WONOGIRI-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri menargetkan produksi padi hingga 486.000 ton.Target itu meningkat drastis dibandingkan 2015 yang hanya dipasang di angka 380.000 ton.
“Kita harus swasembada beras. Tingkat produksi setahun harus 486.000 ton,” tegas Bupati Wonogiri Joko Sutopo di sela-sela pemberian bantuan mesin pertanian, di Aula Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (DispertanTPH) Wonogiri, Selasa (19/4).

Target itu menurutnya bukan angka yang muluk-muluk. Penentuan target sudah melalui sejumlah tahapan, termasuk observasi dan perkiraan hasil produksi para petani. Karenanya, Jekek optimis target bisa terpenuhi.
“Terlalu sering kami mengingatkan untuk mewaspadai kelangkaan pupuk. Ini bisa mempengaruhi pencapaian target. Selain itu, harus ada langkah lainnya untuk mencapai target itu,” papar bupati.

Langkah itu dengan meminimalkan biaya produksi petani, khususnya di sisi tenaga kerja. Saat ini masih banyak petani terbebani biaya buruh tanam dan panen.

Menurutnya, salah satu solusi yakni dengan penerapan teknologi tepat guna. Hal ini diyakini mampu menekan biaya operasional petani yang saat ini relatif mahal.

“Maka dengan bantuan mesin pertanian, diharapkan mampu mengurangi biaya tenaga kerja,” katanya.
Sementara itu, Kepala DispertanTPH) Wonogiri Safuan menambahkan, tahun ini ada bantuan 60 unit mesin pertanian bersumber dana dari APBN. Jumlah itu terdiri dari 50 traktor dan 10 unit transplanter atau pemetik padi (gabah). (HUMAS-est)

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.