oleh

UPACARA PERINGATAN HUT KE-66 RI PEMKAB WONOGIRI BERLANGSUNG KHIDMAT

Wonogiri – Meski di bulan Ramadhan pelaksanaan Upacara peringatan HUT ke-66 RI yang dilaksanakan oleh Pemkab Wonogiri di Lapangan Pringgondani Wonokarto Wonogiri (17/8) berlangsung khidmat. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya peserta upacara kali ini terdiri dari peserta inti dan peserta biasa.

Khusus untuk peserta inti PNS ditunjuk oleh pimpinan sedangkan siswa sekolah diwakili oleh beberapa sekolah yang ada di dalam Kota Wonogiri. Sementara peserta biasa yang terdiri dari PNS dan siswa sekolah lainnya turut serta mengikuti upacara dengan menyaksikan di sekitar lapangan upacara. Hal ini menjadikan pelaksanaan upacara berlangsung khidmat, tertib dan lancar.

Susunan acara pun berbeda dari tahun sebelumnya lebih sederhana namun tidak mengurangi nilai. Salah satunya adalah dengan ditiadakan pemeriksaan barisan oleh inspektur upacara. Bupati Wonogiri, H Danar Rahmanto selaku Inspektur Upacara dalam amanatnya menyampaikan untuk “selalu waspada dengan keadaan saat ini yang semakin mengglobal, serba cepat, serba modern, dan serba instan jangan sampai kita kehilangan arah dan jati diri bangsa, yang akhirnya dapat mengancam persatuan dan kesatuan serta memporak porandakan kehidupan Indonesia,” pesannya. Oleh karena itu mari kita kembali kepada lima komitmen negara, sebagai landasan dalam menata kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Kelima komitmen negara yang dimaksud antara lain pertama, mengamalkan Pancasila sebagai ideologi dan dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam kehidupan sehari-hari ; kedua, menjadikan UUD 1945 sebagai landasan konstitusional dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara ; ketiga, mengibarkan bendera merah putih sebagai lambang kesucian untuk berani membela dan menegakkan kebenaran ; keempat, menjadikan semboyan Bhinneka Tunggal Ika sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa, dan kelima, menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan memperkuat kerjasama yang dijiwai dengan semangat gotong royong dan menjauhkan diri dari tindak kekerasan, polemik dan konflik.

Sementara itu di lingkungan Setda Wonogiri, Upacara peringatan HUT ke-66 RI dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Wonogiri, Drs. Budisena MM. (in_humas)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Utama