PJ BUPATI KUNJUNGI DAERAH TERDAMPAK BANJIR DI GIRIWOYO

PJ BUPATI KUNJUNGI DAERAH TERDAMPAK BANJIR DI GIRIWOYO

Penjabat Bupati Wonogiri Sarwa Pramana,  mengunjungi daerah terdampak banjir di kelurahan Girikikis Kecamatan Giriwoyo bersama jajaran BPBD Kabupaten Wonogiri dan jajaran Muspika Kecamatan Giriwoyo. Di lokasi yang dituju, Pj Bupati bersama rombongan langsung mengadakan koordinasi dengan sukarelawan BPBD, jajaran kelurahan dan masyarakat yang berada di sekitar lokasi banjir.

Kelurahan Girikikis Kecamatan Giriwoyo telah menjadi langganan banjir setiap tahun. Hal ini dikarenakan posisi wilayah yang berada di dataran rendah dan dikelilingi perbukitan. Karena tempatnya yang lebih rendah, daerah ini menjadi daerah aliran air dari daerah di sekitarnya.

Dari info yang didapatkan, ada 7 rumah yang terisolir karena akses masuknya terendam hingga ketinggian 1 meter. 7 rumah tersebut berisi 20 jiwa dan mereka menolak untuk direlokasi karena merasa masih aman. Air memang hanya merendam halaman mereka, namun untuk keluar dari area rumahnya, mereka harus melalui air setinggi pinggang orang dewasa dan mencapai jalan besar. Penjabat Bupati Yang melihat langsung di lokasi langsung menginstruksikan untuk membuat rakit darurat yang dapat digunakan sebagai alat penyeberangan ketika mereka akan meninggalkan rumah.

“Tolong sekarang dibuat rakit untuk penyeberangan darurat agar mereka tidak kesulitan akses jika ingin keluar rumah, lalu tolong makanan, air bersih dan listrik diperhatikan, jangan sampai mereka kesulitan”, instruksi Sarwa Pramana kepada sukarelawan BPBD dan jajaran Kelurahan yang berada di lokasi.

Di daerah Girikikis sebenarnya terdapat 2 luweng yang menjadi jalan mengalirnya air. namun belakangan dari info yang didapat dari masyarakat setempat, luweng tersebut alirannya kecil, jadi air menumpuk dan menjadi banjir. Selain lokasi perumahan warga yang terisolir, area persawahan warga juga terendam banjir hingga setinggi 1,2 meter. (Humas_Wahyu)

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.