INVESTOR BARU MULAI REKRUT TENAGA KERJA DARI WONOGIRI

INVESTOR BARU MULAI REKRUT TENAGA KERJA DARI WONOGIRI

WONOGIRI – Salah satu investor baru yang masuk ke Wonogiri, yakni PT. Liebra Permana makin serius melakukan pembukaan pabrik baru ke Wonogiri. Saat ini mereka sudah mulai membangun pabriknya di daerah Nambangan, Selogiri, Wonogiri. Tahun 2013 ini, perusahaan pakaian dalam yang berstandar internasional itu menargetkan 1.800 tenaga kerja asal Wonogiri yang nanti akan bekerja di perusahaan tersebut.

“Manfaatkan kesempatan open rekrutmen yang difasilitasi oleh Pemkab ini. Karena kesempatan seperti ini jarang ada di tempat kita. Bayangkan ini perusahaan internasional, mau berinvestasi di Wonogiri, tenaga kerjanya warga Wonogiri juga yang diutamakan,” kata Bupati Wonogiri H. Danar Rahmanto di hadapan sekitar 300 calon tenaga kerja yang mengikuti sosialisasi dan rekrutmen tenaga kerja PT. Liebra Permana, Selasa (8/1) di balai Kelurahan Wonokarto. Turut hadir dalam acara tersebut Presiden Direktur PT. Liebra Permana, Kepala Disnakertrans Kabupaten Wonogiri, dan pejabat terkait.

Tenaga kerja lokal atau dari Wonogiri memang menjadi sasaran utama yang akan diserap. Saat ini, imbuh Bupati, sudah ada 200 tenaga kerja dari Wonogiri yang terserap berkerja untuk PT. Liebra Permana. Mereka sebelumnya juga melalui proses seleksi dan pelatihan. “Bulan Mei nanti pabrik sudah harus dilaunching. Maka dari sekarang kita melakukan percepatan rekrutmen tenaga kerja.  Karena tenaga yang dibutuhkan harus memiliki keahlian khusus, sehingga nanti sebelum bekerja mereka akan ditraining selama 2 bulan untuk dibekali keterampilan yang dibutuhkan.”

Bupati menghimbau agar masyarakat Wonogiri tidak tergiur dengan bekerja di kota besar. “Sekilas memang UMK tinggi. Tapi kalau dihitung ulang, besarnya uang kos, makan, dan transport yang harus dikeluarkan selama bekerja di kota ya sama saja dengan yang diterima seandainya bekerja di pabrik yang ada di Wonogiri.”

Masyarakat Wonogiri diminta tidak khawatir soal kualitas perusahaan yang akan berinvestasi di kota gaplek ini. Sebab perusahaan ini bukan perusahaan baru, melainkan perusahaan berskala internasional yang berdiri sejak 35 tahun lalu. Pasaran produknya juga untuk konsumen luar negeri di berbagai negara sepeti di benua Amerika, Eropa, dan Timur Tengah.

Sementara Kepala Disnakertrans Wonogiri Sri Wiyoso, SH, MM mengatakan peluang tersebut harus disikapi. Saat ini ada 31 ribu pengangguran terbuka yang tersebar di Wonogiri. “PT Liebra Permana sendiri hingga tahun 2015 membutuhkan 7-8 ribu tenaga kerja, jadi kesempatan ini harus ditanggap dengan baik. Kita yang memberi dukungan dan memfasilitasi secara gratis agar masyarakat tidak menganggur.”

Selain di Kecamatan Wonogiri, rekrutmen di hari yang sama juga diadakan di Kecamatan Wuryantoro. Direncanakan juga diadakan di Selogiri, Eromoko, Nguntoronadi, dan Ngadirojo. Pelaksanaannya dilakukan secara bertahap. (HUMAS-esti suci)

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.