BUPATI WONOGIRI HIMBAU TP PKK DESA/KELURAHAN UNTUK MENGEMBANGKAN PRODUK LOKAL

BUPATI WONOGIRI HIMBAU TP PKK DESA/KELURAHAN UNTUK MENGEMBANGKAN PRODUK LOKAL

WONOGIRI_ TP PKK di masing-masing desa/kelurahan diharapkan bisa menjadi tauladan bagi masyarakat sekitarnya. Salah satunya dengan memakai produk potensi lokal. Hal ini disampaikan oleh Bupati Wonogiri, H Danar Rahmanto saat membuka acara Rapat Konsultasi dan Temu Kader TP PKK Kabupaten Wonogiri Tahun 2015, Senin (23/2) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri.

“Saat ini banyak orang beranggapan bahwa yang namanya membangun adalah pembangunan fisik semata, padahal bukan hanya itu saja. Pembangunan dapat diwujudkan dengan mengangkat potensi lokal di daerah kita masing-masing untuk dikembangkan menjadi sumber ekonomi rakyat,” terangnya.

Oleh karena itu Bupati Wonogiri berharap PKK dapat memfasilitasi dan turut serta mengembangkan ekonomi produktif lokal salah satunya dengan mengenakan produk tersebut. Hal ini penting karena guna menyongsong perdagangan bebas ASEAN perlu penguatan jati diri bangsa guna memperkokoh ekonomi Negara. “Ekonomi kokoh tanpa karakter jatidiri bangsa maka akan rapuh, karena itu mulailah dari diri sendiri untuk bisa menjadi tauladan bagi orang lain,” tegasnya.

Menyonsong pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN ini, juga menjadi salah satu inti dari pertemuan Rakor TP PKK Se-Kabupaten Wonogiri. Menurut Ketua TP PKK Kabupaten Wonogiri, Ny Tabitha Danar Rahmanto TP PKK sebagai mitra kerja pemerintah harus siap mendukung pemerintah di segala bidang pembangunan melalui penyiapan SDM yang berkualitas guna meningkatkan daya saing perekonomian global. “TP PKK se-Kabupaten Wonogiri juga harus siap menghadapi pemberlakukan implementasi Undang-undang Desa serta upaya pencapaian ketahanan pangan keluarga sehingga dapat mendukung pencapaian tujuan swasembada pangan, sebagaimana yang diharapkan oleh kabinet kerja di era kepemimpinan Presiden Bp. Joko Widodo,” harapnya.

Oleh karena itu, dalam acara rakor ini, Ketua TP PKK Kabupaten Wonogiri menghadirkan pemateri dari Kantor Ketahanan Pangan dengan tema Peran PKK dalam mendukung upaya peningkatan ketahanan pangan keluarga dan dari Bagian Pemerintahan Desa Setda Kabupaten Wonogiri dengan tema peran PKK dalam mendukung Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Dengan penambahan materi tentang ketahanan pangan dan Undang-undang Desa ini diharapkan TP PKK akan mampu mewujudkan perannya sebagai motivator dan dinamisator dalam memberdayakan dan mensejahterakan keluarga dan masyarakat. (HUMAS_yuni)

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan