BANYAK JALAN RUSAK, BUPATI WONOGIRI BANGUN KOMUNIKASI DENGAN PEMERINTAH PUSAT

BANYAK JALAN RUSAK, BUPATI WONOGIRI BANGUN KOMUNIKASI DENGAN PEMERINTAH PUSAT

WONOGIRI –  Kerusakan jalan yang terjadi di beberapa ruas jalan negara dan jalan Provinsi di Kabupaten Wonogiri semakin parah. Apalagi ditambah curah hujan yang terjadi akhir-akhir ini, membuat kerusakan jalan semakin meningkat. “Karena kerusakan sejumlah jalan tersebut menciptakan kerawanan. Selain bergelombang juga memunculkan lubang baru akibat curah hujan yang cukup tinggi. Sangat membahayakan bagi pengguna jalan. Terutama kalau malam hari, apalagi jika turun hujan. Sudah banyak laporan kecelakaan gara-gara terperosok lubang,” kata Bupati, Selasa (7/1).

Kerusakan jalan terlihat di  jalur Ngadirojo hingga Giriwoyo. Ruas jalan sepanjang sekitar 40 kilometer itu kini tak ubahnya kolam ikan apabila hujan turun. Jalan mulus tak lebih dari 25 kilometer, sisanya lubang dan bergelombang. Kondisi terparah terlihat di dekat Gudang Bulog Ngadirojo dan sekitar SPBU Nguntoronadi. Jalan yang berlubang di kedua tempat yang termasuk jalur provinsi itu menjadi genangan air yang sangat menggangu para pengguna jalan. Kerusakan juga ada di halan negara antara Giriwoyo hingga Pracimantoro.

Tak ubahnya di Kecamatan Giriwoyo, ruas jalur perbatasan Baturetno-Giriwoyo juga terdapat puluhan lubang dan bergelombang. Bahkan dijalur tersebut sering terjadi kecelakaan dan menelan korban jiwa. “Waktu siang hari masih mendingan, coba kalau pas malam hari hujan sekalian, pasti lubang-lubang itu tertutup air jadi kondisi ini sangat berbahaya. Bahkan, saya sudah sering diprotes warga lantaran buruknya jalan Ngadirojo-Giriwoyo,” tambahnya.

Bupati mengaku sudah mengetahui kondisi ini dari masukan, keluhan, bahkan protes yang datang dari sejumlah kalangan. Terkait hal tersebut, Bupati  mengambil langkah menyurati Pemprov Jateng dan pemerintah pusat. Bupati mengharap kerusakan segera diperbaiki karena menciptakan ketidaknyamanan dan kerawanan. Selama ini protes dari berbagai kalangan ditujukan pada dirinya selaku orang nomer satu di jajaran pemerintah. Padahal kewenangan atas perbaikan jalan tersebut bukan menjadi tanggungjawab Pemkab Wonogiri. Kewenangan pengelolaan di jalur tersebut merupakan kewenangan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat. “Meskipun bukan kewenangan kami, kami tidak akan cuci tangan. Tetap kami upayakan supaya kenyamanan masyarakat terpenuhi. Kami akan bangun komunikasi untuk ini. Segera kami layangkan surat kepada pemerintah provinsi dan pemerintah pusat, supaya segera diperbaiki.” (HUMAS_esti suci)

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.