17 KECAMATAN DI KABUPATEN WONOGIRI JADI SASARAN PLIK

17 KECAMATAN DI KABUPATEN WONOGIRI JADI SASARAN PLIK

Eromoko – sebanyak 17 kecamatan dari 25 kecamatan di Kabupaten Wonogiri menjadi obyek sasaran Program Penyediaan Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK) yang merupakan program Nasional dari Balai Penyediaan dan Pengelolaan Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan informatika (Ditjen PPI) Kementrian KOMINFO. Kecamatan tersebut antara lain Kecamatan Ngadirojo, Eromoko, Slogohimo, Sidoharjo, Jatipurno, Giritontro, Wuryantoro, Selogiri, Purwantoro, Puhpelem, Pracimantoro, Nguntoronadi, Kismantoro, Jatisrono, Jatiroto, Tirtomoyo dan Giriwoyo.

Untuk masing-masing titik PLIK akan dilengkapi dengan 5 unit PC, 1 server, 1 printer, serta paket perangkat penunjang lainnya. Termasuk juga penggunaan sistem operasi berbasis open source, yaitu Linux Fedora. Penggunaan sistem operasi open source semacam ini, diharapkan dapat memberikan pendidikan bagi masyarakat agar tidak lagi menggunakan sistem operasi yang ilegal atau bajakan,” jelas Eka Indarto Direktur PT Sarana Insan Muda Selaras (SIMS) selaku pemenang tender kemitraan untuk wilayah Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah dan DIY.

Dalam sambutannya di acara Peresmian Pusat Layanan Internet kecamatan (PLIK) Eromoko, Wonogiri, Senin (1/8) Eka menyampaikan bahwa akan dibentuk 591 PLIK se Jawa Tengah keberadaan PLIK ini diharapkan akan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitarnya dengan cara memanfaatkan akses internet yang ada. Akan lebih baik jika tidak hanya sebagai pengakses, namun mampu menjadi pembuat informasi” himbaunya. Acara yang diresmikan oleh Anggota Komisi I DPR RI, Susaningtyas Nefo Handayani Kertapati ini ditandai dengan pemotongan pita dan dilanjutkan dengan dilakukan ujicoba teleconference antara PLIK Eromoko dengan PLIK Bantul DIY.

Sementara itu Staf Ahli Kementrian KOMINFO, Suprawoto berpesan agar niat baik dicetuskannya program Desa Pinter (Punya Internet) ini benar-benar akan memberikan manfaat kepada masyarakat “semoga dapat memberikan nilai tambah dan dapat meningkatkan kualitas masyarakat dan pada pihak-pihak terkait diharapkan turut mengawasi jalannya program layanan ini,”pesannya.

Dipilihnya Kecamatan Eromoko sebagai lokasi PLIK yang pertama di Kabupaten Wonogiri diharapkan sebagai langkah awal terciptanya Desa Pinter di Kabupaten Wonogiri. Yang Kemudian akan diikuti oleh desa-desa lainnya, sehingga desa-desa akan saling terhubung melalui fasilitas internet. Dengan adanya Desa Pinter semacam ini, kesenjangan informasi yang selama ini ada, dapat dihilangkan. Bupati Wonogiri yang diwakili oleh Asisten Administrasi Sekda Kabupaten Wonogiri, Ir. Gembong Muriahadi, MSi berharap dengan keberadaan PLIK ini benar-benar dapat dimanfaatkan dengan optimal. Sehingga tujuan dari adanya program PLIK ini dapat tercapai.(in_humas)

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.